Gunung Kelud Batuk, Ribuan Warga Diungsikan

Kamis, 13/2/14. Gunung Kelud kembali meletus setelah hampir 10 tahun beristirahat. Suara dentuman seperti suara petasan terdengan jelas dari kota Solo.

Berikut pantauan yang bisa dilakukan oleh Lembaga Kemanusiaan Bahagia Berbagi Indonesia. Sejak pukul 22.00 malam ini, Kamis 13 februari 2014, telah dilakukan evakuasi massal penduduk di lereng Gunung Kelud dengan radius 10km dari titik erupsi… Sekitar 6.000 jiwa di evakuasi oleh sekitar 167 kendaraan taktis dan puluhan mobil emergency.

Jam 23.05, asap erupsi Gunung Kelud mengarah ke utara ke wilayah Pare. Rribuan pengungsi bergerak turun menuju  kecamatan Wates. Suasana ssangat mencekam.

Jam 23.30. Ribuan masyarakat di  3 (tiga) desa;  Sugihwaras, Babadan, dan Sempu, kecamatan Ngancar, Kediri. Terlihat panik utk menyelamatkan diri. Suasana crowdit, hujan abu mulai mengguyur dan dentuman letusan tedengar disertai kilatan cahaya.

Tim BASARNAS, RELAWAN PMI, BPBD Kab. Malang saat ini  (23:30) telah bergerak turun dari dusun Gombong, desa Pandansari, kecamatan Ngantang (titik 5-8 km) guna mengevakuasi warga dan dibawa ke bendungan Selorejo, Ngantang.

Jam 00.00 wib, wilayah Gondang Legi, Prambon, Nganjuk terjadi hujan pasir. Di titik evakuasi bergeser ke 20 km, diperkirakan sekitar 200 jiwa hrs dievakuasi.

Ini situasi letusan Gunung Kelud yang berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang Jawa Timur /senkom kediri//#rribogor

Gunung Kelud

Gunung Kelud Meletus, Kamis 14 Februari 2014

Sebuah sumber informasi dari Relawan RZ, Tri Sugiarto, melaporkan di daerah Prambon sudah mengalami hujan kerikil, bahkan pada pukul 00.17 jumat dini hari  abu vulkanik sudah mencapai kota Ponorogo.

kelud meletus

Gunung Kelud Meletus 2014, sumber foto : FB Nore Sopo Iki

Tak hanya Ponorogo yang mengalami hujan abu, bahkan di Kediri Kota hujan Abu cukup deras. Dari sekitar lokasi terdengar suara petir menggelegar ujar relawan RZ Didik Setyawan. Dan bau belerang tercium dimana-mana.

Gunung Kelud Meletus

Gunung Kelud Meletus, Kamis 14 Februari 2014

Batu kerikil Gunung Kelud

kerikil kelud

material Gunung Kelud berupa batu kerikil. Sumber : Luky Henri Yuni Susanto

Dentuman erupsi sudah mereda dan hampir tidak terdengar, tapi hujan abu dan pasir serta krikil masih berlangsung, seperti di daerah Sukorejo, Ngasem, Kediri.

gunung kelud

sumber: fb Tri Sugiarto

Disaat yang lain tertidur pulas berselimut dan sejuknya hawa kamar…
Saat ini Hujan abu bercampur kerikil menghujani wilayah Kediri dan sekitarnya. Alur evakuasi masih berlangsung dengan hingar bingar diantara himpitan kecemasan, ketakutan, tangisan dan jeritan anak-anak

evakuasi kelud

sumber: fb Kristina Wijayanti

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Senyum Lestari. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s