Sisi Lain Pendidikan Indonesia

Sisi LainDi sebuah group saya membaca banyak komentar tentang foto ini, yang isinya kebanyakan memberi semangat dan bangga dengan perjuangan dari anak2 yang melintasi tali di jurang yang menganga lebar, begitu hebatnya mereka menuntut ilmu sampai rela bertaruh nyawa. Sepintas memang demikian.Saya kok melihat sisi lain, selain miris tentunya, yaitu apakah yang mereka perjuangkan itu (persekolahan) memang benar-benar sesuatu yang layak diperjuangkan? Apakah mereka menduga persekolahan akan memperbaiki masa depannya?

Apakah desa mereka akan lebih baik dengan persekolahan yang ada, yang terjadi justru mendorong para pemudanya menjadi urban ke kota dan sama sekali tiidak tahu menyelesaikan realitas masalah di desanya. Mereka menengadahkan tangan menunggu uluran tangan dan belas kasih pemerintah.

Apa buktinya bahwa para pemuda hasil persekolahan tidak mampu menyelesaikan realita problematika desa ini? Ya jembatan tali inilah saksinya.

Bandingkan dengan Suku Badui yang tidak bersekolah, mereka mampu mandiri dan swadaya membangun jembatan2 bambu melintasi jurang2 sungai yang lebar.

Selamat merenungkan….

Pos ini dipublikasikan di Milenial Learning. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s