MEMBANTU ORANG UNTUK MENANG

MEMBANTU ORANG UNTUK MENANG

Membantu orang lain untuk menang merupakan salah satu perasaan paling menyenangkan di dunia. Saya belum pernah bertemu dengan orang yang tidak suka menang. Dan semua orang yang saya kenal dan suka membantu orang lain mengatakan bahwa perbuatan itu merupakan bagian kehidupan yang paling memberi kepuasan.

Pada 1984, Lou Whittaker memimpin tim Amerika pertama untuk mendaki Puncak Everest. Setelah berbulan-bulan beruasaha mati-matian, lima anggota tim berhasil mencapai tempat perkemahan terakhir pada ketinggian  8.230 meter di atas permukaan laut. Dengan sisa ketinggian 610 meter lagi yang harus dicapai, Whittaker terpaksa membuat sebuah keputusan sulit. Ia tahu betapa termotivasinya kelima pendaki yang ada untuk berdiri di titik puncak tertinggi Bumi ini, tetapi, dua orang di antara mereka harus kembali ke kamp terdahulu untuk mengambil persediaan makanan, air, dan oksigen, dan kemudian kembali ke kamp yang sekarang. Setelah menyelesaikan tugas, kedua pendaki itu akan berada dalam kondisi yang tidak layak untuk melakukan pendakian. Pendaki lainnya harus tetap tinggal di kamp pada hari itu untuk mempersiapkan pendakian terakhir.

Keputusan pertama yang harus dibuat Whittaker adalah tetap tinggal di kamp 8.230 meter itu untuk melakukan koordinasi kegiatan tim. Keputusan berikutnya adalah mengirim dua pendaki terkuat untuk turun mencari perbekalan, dan keputusan itulah yang lebih berat. Dua pendaki yang lebih lemah akan beristirahat, memulihkan kekuatan mereka dan mendapat kehormatan mendaki ke puncak.
Image
Ketika ditanya mengapa ia sendiri tidak melakukan pendakian ke puncak, jawabannya menunjukkan pemahamannya akan manusia dan kuatnya kepemimpinannya. Ia berkata, “Tugas saya adalah menempatkan orang lain di puncak tertingi”.

Whittaker mengerti bahwa ketika orang membuat keputusan yang tepat untuk membantu tim, semua orang akan menang.

–25 Ways to Win with People

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s