Sehari Yang Mempengaruhi Hidup Saya

Indonesia Mengajar

Baturetno (20 Februari 2013). Hari itu saya bergegas menuju kota pendidikan yang jaraknya hampir 70 km. Dalam perjalanan usai subuh, tergambar wajah anak-anak di sebuah SD terpencil di pelosok Yogyakarta.

Berkas-berkas pengajaran, hadiah-hadiah kecil telah disiapkan istri saya dirumah untuk anak-anak yang akan saya temui dalam episode kelas inspirasi. Hari ini saya merasa betapa pentingnya peran seorang guru. Pikiran saya menjelajahi lorong waktu 25 tahun silam ketika saya berada di kelas SD.”Pasti guru-guru saya seperti apa yang kulakukan pagi ini” tersenyum takjub dan terima kasih untuk guru-guru saya.

Semangat berbagi pengalaman hidup. Walaupun saya bukanlah siapa-siapa, saya bukan seorang penting bagi negeri ini. Saya hanya seorang pegiat sosial. Namun, perasaan saya saat ini begitu bersemangat demi akan berbagi cerita tentang masa depan bagi orang lain, bagi anak-anak yang mungkin tak kenal apa tah profesi saya saat ini.

Saya hanya berfikir, seandainya semua anak-anak bisa merencanakan masa depannya sejak kecil. Dan mereka tahu apa yang menjadi tujuan hidupnya sejak dini, tentu akan lebih banyak anak-anak yang sukses dalam hidupnya. Dan sudah barang tentu, negeri ini akan segera bangkit dengan begitu cepatnya dari keterpurukan dan kelemahan karena patologi  sosial yang sudah kronis ini.

Terima kasih Indonesia Mengajar, terima kasih telah diberi kesempatan untuk menjadi salah satu inspirator bagi ribuan anak negeri ini di masa depan!

Gambar koleksi Ida Gautama

Gambar koleksi Ida Gautama, jokja

Pos ini dipublikasikan di Inspire dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

