Mendidik dengan Kelembutan

Cintai dan sayangi anak-anak disekitar kita

Untuk mengingatkan saya pribadi dan sahabat  Ɣª saya cintai, se moga kita bisa menjaga amanah dengan baik..

Suatu hari, Rasulullah SAW didatangi seorang perempuan yang bernama Sa’idah binti Jazi. Ia membawa anaknya yg baru berumur satu setengah tahun. Rasul kemudian memangku anak tsb. Tiba tiba, sianak mengompol di pangkuan Rasulullah SAW. Spontan, sang ibu menarik anaknya dgn kasar. Seketika itu juga, Rasulullah SAW menasihatinya

” Dengan satu gayung air, bajuku yg terkena najis krn kencing anakmu bisa dibersihkan. Akan tetapi, luka hati anakmu karena renggutanmu dr pangkuanku tidak bisa diobati dgn bergayung gayung air,” ujar Rasul.

Kisah tsb memberikan pelajaran (ibrah) berharga kpd kita,para orangtua / orang dewasa bahwa Rasulullah SAW secara tegas melarang melakukan pendekatan dengan kekerasan dlm mendidik anak.

Bagi seorang anak, kelembutan dan kasih sayang orang tua merupakan sumber kekuatan yang bisa menggugah perasaannya. Kehangatan yang diberikan akan melahirkan ketenangan, kepercayaan, juga hubungan batin yg kuat antara seorang anak dan orangtuanya.

Melalui pendekatan lemah lembut ini diharapkan dpt membentuk jiwa anak yg siap u menerima, merespons dan melaksanakan setiap panggilan kebaikan dgn penuh kesadaran bukan keterpaksaan….

Jadi sebenarnya, membangun peradaban/budaya baik/kebiasaan berbagi, berempati  itu dimulai dari kita sendiri, melalui keluarga & lingkungan terdekat kita..

sumber:

– gambar: http://www.motodream.net

-tulisa: mbak diyah bii

Pos ini dipublikasikan di Inspire. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s