Qurban Anda Bisa Dimaksimalkan Kemanfaatannya Loohhh

Sahabat, mungkin masih ada diantara kita yang bertanya, apa boleh daging qurban itu ditunda pembagiannya? Seperti didinginkan, di abon, dibuat menjadi dendeng bahkan di kornetkan,  sebagaimana dilakukan oleh beberapa lembaga penyelenggara ibadah qurban.

Ada beberapa sumber dari Rasulullah,

Dari Salamah bin Al Akwa’ dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa diantara kalian yang berqurban maka jangan sampai dia menjumpai subuh hari ketiga sesudah Ied sedangkan dagingnya masih tersisa walaupun sedikit.”

Hadits ini menekankan bahwa daging qurban sebisa dan sesegera mungkin untuk disalurkan. Nah, pada tahun berikutnya.. Rasul melengkapi dengan bersabda;

Ketika datang tahun berikutnya maka para sahabat mengatakan, “Wahai Rasulullah, apakah kami harus melakukan sebagaimana tahun lalu ?” Maka beliau menjawab, “(Adapun sekarang) Makanlah sebagian, sebagian lagi berikan kepada orang lain dan sebagian lagi simpanlah. Pada tahun lalu masyarakat sedang mengalami kesulitan (makanan) sehingga aku berkeinginan supaya kalian membantu mereka dalam hal itu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kalau bisa ditarik benang merah, Ibadah qurban sangat kental dengan dimensi sosial. Qurban diharapkan bisa menjadi solusi bagi permasalahan sosial yang kerap terjadi disekitar kita. Ambillah sebuah contoh, di negeri kita sering terjadi musibah/bencana. Disamping itu, dengan luasan geografis yang sangat unik, banyak daerah di negeri ini yang masih mengalami krisis pangan.

Dari hadits yang kedua tersebut, Rasulullah menyampaikan  bahwa daging qurban bisa diperuntukkan bagi:

– sohibul qurban

– diberikan kepada orang lain

– dan disimpan

Baik di hadits pertama maupun hadits kedua, secara tidak langsung menekankan kepada kita akan pentingnya berbagi kepedulian dengan sesama dengan ibadah qurban tersebut.

“…. sehingga aku berkeinginan supaya kalian membantu mereka dalam hal itu.”

Semoga bermanfaat, mari maksimalkan ibadah kita agar lebih bermakna bagi kehidupan kita.

Ikuti cara Rumah Zakat dengan bergabung dalam program superqurban.. Mereka Super sekali bisa mengeluarkan ide yang unik ini..

qurban yang super sekali

Pos ini dipublikasikan di FILANTROPI dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s