SISWA SD JUARA BELAJAR MEMBATIK DI BIMA SAKTI

YOGYAKARTA. Mengingat pentingnya membangun jiwa kewirausahaan (enterpreneurship) sejak dini, SD Juara Yogyakarta mengadakan kegiatan outing ke Rumah Batik Bima Sakti milik Ibu Hartinah, Senin (15/3). Rumah Batik ini berada di Ds. Giriloyo Kel. Wukirsari Kec. Imogiri Kab. Bantul Yogyakarta.

Selain sebagai pembelajaran entrepreneurship, outing ini juga diharapkan bisa memberikan keterampilan kepada anak didik agar bisa mandiri.

Dalam kegiatan outing kali ini, sebanyak 40 siswa mendapatkan penjelasan tentang proses membatik. Bahkan setiap anak memperoleh kesempatan untuk praktek membatik secara langsung sejak pagi hingga siang.

Anak-anak dibagi menjadi 5 kelompok dengan satu kelompok terdiri dari 8 anak. Pada mulanya, anak-anak dijelaskan oleh pemandu tentang alat-alat membatik serta kegunaannya. Setiap kelompok didampingi satu pemandu dari Rumah Batik.

Hal baru ini membuat anak-anak nampak sangat menikmati, antusias dan senang sekali, bahkan ada yang ingin mencoba lagi. “Proses berikutnya setelah kain di tulis dengan berbagai motif, kemudian dijemur hingga kering,” jelas pemandu.

Setelah selesai menyelesaikan satu motif, para siswa dengan bangga memamerkan hasil karyanya sendiri sambil berfoto ria

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s