BERLATIH MANFAATKAN SAMPAH AGAR PRODUKTIF

YOGYAKARTA. Menjelang tahun baru 2009, para relawan di ICD Centre Yogyakarta mengadakan pelatihan dan workshop pengolahan sampah di Paguyuban Sukunan Bersemi Gamping. Kegiatan yang dimulai pukul 07.30 WIB itu diawali dengan taklim rutin relawan yang dihadiri oleh ustad Ali Yusuf, pengajar di Ma’had Fauzul Muslimin.

Sementara itu pelatihan pengolahan sampah berlangsung di Kp. Sukunan pukul 08.30 WIB. Saat itu masyarakat dijelaskan mengenai sistem pengolahan sampah yang bisa berjalan jika ada niat dari masyarakat untuk mengubah lingkungan menjadi sehat dan nyaman. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan praktek pengolahan sampah organik yang dipandu oleh Gatra selaku penanggung jawab pupuk kompos. Melalui media komposter, sampah diolah menjadi pupuk yang bisa dimanfaatkan sendiri maupun dijual. Tahapan ini yang paling menarik karena ada simulasi pengelolaan sampah.

Dan yang terakhir adalah adalah praktek membuat kerajinan dari sampah plastik baik itu bungkus minuman, dan makanan. Hampir semua jenis bentuk barang kerajinan dapat dibuat dari plastik tersebut, seperti aneka jenis tas, dompet, topi, tempat koran, dan lainnya.

Pos ini dipublikasikan di Inspire. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s