Tentang Aku

siget1.jpgDuaDelapan tahun yang lalu, Ayahku memberi nama; Sigit Wardono dikota kelahiranku; Kebumen, sebuah kota terletak disebelah barat kota Yogyakarta, 110 km.

Kebumen dikenal sebagai kota penghasil sarang Burung lawet, tak aneh jika anda berkunjung ke jantung kota Kebumen, maka anda akan menjumpai bundaran Tugu Lawet. Para pendahulu kami menyebutnya “kupu tarung” [kupu/burung yang sedang bertarung], karena memang pada puncak Tugu Lawet tersebut terdapat 2 ekor burung lawet yang seolah-olah sedang bertarung.

Selain burung lawet, ada juga yang menjadi ciri khas kota Kebumen yakni “Genteng“. Daerah Sokka menjadi sentra penghasil kerajinan keramik genteng. Genteng kebumen terkenal dengan kualitasnya loh… warna cemerlang, kuat dan tahan lama, telah dibawa keberbagai daerah di Indonesia.

Ada lagi yang khas dari kebumen; jika anda bertemu dengan orang kebumen, hampir sebagian besar mereka bangga denga beberapa merk makanan khas… seperti:
Lanting kebumen, Kecap ‘Kentjana”, Kopi Djempol “SinJu”, Soto Petanahan, Teh Poci Karangduwur dan tentu masih banyak hal yang unik dari kebumen, bahasanya juga unik; Ngapak-Ngapak.

Secara Geografis, Kebumen diapit oleh sederet pegunungan dan pantai. Panorama indah pegunungan disebelah utara; Pegunungan Condong, wisata Krakal [pemandian air hangat yang bisa untuk terapi kesehatan], hingga museum Geologi Karang Sambung [Museum Geologi terbesar Se Asia Tenggara].

Pantai Kebumen juga indah-indah…. di sebelah selatan berderet; Pantai bocor [lengkap dengan pangkalan TNI nya], pantai Petanahan, Pantai Puring, Pantai Suwuk, Pantai Karang bolong, Pantai Pasir dengan pelelangan Ikannya, Pantai logending dan Pantai Pedalen yang berpasir putih dan juga ada TPI nya.

Kebumen…. sebuah kota yang penuh dengan ciri khas, Saya bangga menjadi salah satu generasi yang lahir di kota Kebumen!
Dan, saya ingin membesarkan Kebumen.
I Love Kebumen…. ar’u?

Pos ini dipublikasikan di DIARI dan tag , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Tentang Aku

  1. imam 3546 berkata:

    ass mas mau nanya ni gimana cara budi daya burung lawet dan makananya burung tsb apa sih

  2. @mas sigit:
    Syukron tuk silaturahimnya…. 🙂
    perjalanan kita di Ibnu Sabil adalah sejarah….
    kebersamaan kita sekarang adalah hadiah dari Tuhan……
    dan pertemuan kita kelak di nirwana-NYa adalah mimpi…..
    mimpi yang kan terwujud…..
    amiiin….

  3. muhjamil berkata:

    Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP 2009 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
    Semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  4. putra kebabal,pthn berkata:

    wah bagus benar artikelnya,gue bsa kasi tau tmn2ku di jepang tentang daerah asalku yaitu kebumen yg pya keunikan dan kekhasan tersendiri arigatoo ne

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s